Kita semua pasti mengenal zaitun. Mungkin lebih banyak yang lebih akrab dengan produk minyaknya karena relatif lebih sering dan mudah dijmpai. Tapi tahukan Anda bahwa daun dan minyak pohon zaitun telah berabad-abad dipakai sebagai obat?

Catatan sejarah mengenai manfaat obat pohon zaitun diketahui berawal dari masa Mesir Kuno, dan bahkan lebih tua lagi. Orang Mesir menganggap cabang-cabang dari pohon zaitun merupakan simbol dari kekuatan yang tahan lama dan menurut keterangan sejumlah sejarawan, minyak zaitun digunakan sebagai salah satu bahan da;am proses mumifikasi. Orang Yunani Kuno merangkai ranting pohon zaitun sebagai mahkota bagi para juara di ajang Olimpiade pertama.

Daun zaitun sudah lama dimanfaatkan digunakan masyarakat kuno Yunani sebagai pembasuh luka. Daun zaitun juga dipakai sebagai obat untuk obat kandung kemih dan riset menunjukkan daun zaitun memiliki kemampuan membantu penurunan kadar gula dalam darah sebagaimana juga bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Duan tersebut juga mengandung zat anti mikroba dan sangat efektif memerangi sejumlah jamur, virus dan bakteri.

Sementara minyak zaitun, yang diperoleh dari ektrasi buahnya berfungsi melindungi sistem pencernaan. Jika dioleskan pada bagian luar, minyak zaitun bisa melembabkan kulit dan berfungsi sebagai penghantar bagi minyak-minyak penting lainnya. Jika dipakai sebagai minyak goreng atau suplemen makanan, minyak zaitun dapat menjaga jantung dan pembuluh arteri tetap lentur. Konsumsi minyak zaitu secara teratur terbukti menghindari penimbunan kolesterol di pembuluh arteri. Dalam alkitab diterangkan bahwa minyak zaitun dipakai untuk melembutkan dan menjaga elastisitas kulit serta kerap dioleskan untuk mempercepat penyembuhan kulit yang luka atau iritasi.

Minyak zaitun juga merupakan pengganti mentega atau margarin yang baik. Cara terbaik menggunakan minyak zaitun adalah dengan mencelup bumbu-bumbu kesukaan Anda di dalamnya selama beberapa hari. Selanjutnya Anda tinggal menggunakan minyak tersebut untuk bumbu salad atau sebagai saus. Minyak zaitun dapat disimpan dalam tempat lemari yang sejuk dan gelap hingga 6 bulan sejak dibuka, atau bisa hingga setahun jika tetap didinginkan setelah dibuka.