Habbatus sauda’ (nigella sativa) adalah tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam menyebutkan bahwa Habbatus sauda’ adalah obat bagi semua penyakit kecuali kematian. Disebutkan oleh Imam Al-Bukhari (hadits no. 5687), beliau meriwayatkan hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa dia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, artinya:

“Sesungguhnya di dalam Habbatus sauda’ terkandung obat untuk segala penyakit, kecuali as-sam.” Aku bertanya, “Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Maut.”

Di dalam riwayat Muslim (no. 2215) disebutkan:

“Tidak ada satupun penyakit melainkan di dalam habbatus sauda’ terdapat kesembuhan baginya, kecuali kematian.”

Menurut sejarah tanaman herbal ini berasal dari Mediterania (terutama Mesir) dan sekarang telah tersebar ke banyak wilayah dunia seperti di jazirah Arab (Yaman, Saudi Arabia), Siria, Irak, sebagian Asia Tengah (India, Pakistan), negara-negara Laut Tengah (Yunani, Siprus) dan Amerika.

Pakar medis di masa kini telah banyak yang mengakui kehebatan khasiat Habbatus Sauda. Dr. Stanley Kopok (USA) berkata: ”Habbatus sauda’ memiliki peran sangat penting untuk mencegah tumor dan dalam jangka waktu lama memperkuat sistem kekebalan tubuh” Sementara Dr. Tajul Aris Yang (Malaysia) mengatakan bahwa Omega yang terkandung dalam Habbatus sauda’ lebih besar 10 kali lipat dari pada DHA dan EPA.Beberapa manfaat Habbatus sauda’ diantaranya:

1. Menguatkan sistem kekebalan (immunity)

Berdasarkan hasil penilitian, jinten hitam dapat meningkatkan jumlah sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Keberhasilannya hingga 72% jika dibandingkan dengan plasebo (hanya 7%). Demikian Dr. Basil Ali dan rekannya dari College of Medicine, di Universitas King Faisal menerangkan dalam jurnal Pharmasetik Saudi.

2. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Dengan kandungan asam linoleat (Omega 6) dan asam linolenat (Omega 3), Habbatus sauda’ merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.

3. Meningkatkan daya tahan hormon

Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endoktrin, yang masuk dalam peredaran darah. Dalam tubuh manusia terdapat berbagai jenis hormon, di antaranya hormon reproduksi yang berhubungan dengan gairah seksual. Salah satu kandungan Habbatus sauda’ adalah setrol yang berfungsi sebagai sintesa dan bioaktivitas hormon.

4. Menetralkan racun dalam tubuh

Habbatus sauda’ mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

5. Mengatasi gangguan tidur dan stress

Sapion yang terdapat pada Habbatus Sauda’ mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh, dan syaraf.

6. Anti Histamin

Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma bronchial. Minyak yang dibuat dari Habbatus Sauda’ dapat mengisolasi dithymoquinone. Minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari Volatile Nigella. Pemberian minyak ini hasilnya positif terhadap penderita asma bronchial.

7. Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri

Habbatus sauda’ mengandung minyak atsiri dan minyak volatil yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare.

8. Melancarkan air susu ibu

Koordinasi bagian lemak dan struktur hormon yang terdapat pada Habbatus Sauda’ dapat melancarkan air susu ibu.

9. Meremajakan sel-sel kulit dan menunda proses penuaan

Habbatus sauda’ sangat baik untuk menjaga kelembaban, kehalusan, dan keremajaan kulit.

10. Nutrisi tambahan

Habbatus Sauda kaya dengan kandungan nutrisi sebagai tambahan tenaga, sangat cocok untuk orang lanjut usia, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun.

Habbatus sauda’ juga mengandung 15 jenis asam amino penyusun protein termasuk di dalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat di produksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, oleh karena itu harus disuplai dari makanan.

Demikian beberapa manfaat Habbatus sauda’ yang berhasil dikaji dari berbagai penelitian, semuanya bermuara pada satu kesimpulan akan kebenaran sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam bahwa di dalam Habbatus Sauda’ memang terdapat obat bagi segala penyakit kecuali kematian. Inilah keajaiban Habbatus sauda’ dibanding dengan obat-obatan lain.

Penelitian dan Studi Farmasi Modern tentang Habbatus Sauda’

1. Biji Habbatus Sauda’ (Nigella Sativa) menunjukkan aksi galactogogue pada tikus percobaan, artinya bahwa terdapat peningkatan volum kotoran tikus yang diberi makan biji-bijian tersebut. Uji histology menunjukkan lebih banyak proliferasi dari aktivitas acnidan secretari pada jaringan payudara pada induk tikus yang memakan biji N. Sativa (Agarwala et al, 1987).

2. Peningkatan volume susu yang diobservasi pada kambing setelah mengkonsumsi Habbatus Sauda’ sebanyak 100 mg/kb berat selama 10 hari (Vihan and Panwar, 1987).

3. Persiapan pengobatan herbal dengan salah satu unsurnya Habbatus Sauda’ menunjukkan efek hypoglycemic yang jelas pada percobaan hewan Eskander et. al (1995) Pada studi lebih lanjut campuran serbuk biji-bijian yang mengandung Habbatus Sauda’ yang dipakai untuk teh herbal menunjukkan efek nyata hypoglycemic pada alloxan termasuk tikus yang menderita diabet. (E1.Sabrawy et. at: 1996).

4. Aplikasi pada lotion yang mengandung Habbatus Sauda’ menunjukkan kemampuan penyembuhan luka setelah diuji coba pada luka di kambing, domba, dan anak sapi. (Ahmed et. al. 1995).

5. Kandungan aktif biji Habbatus Sauda’ mengandung asam lemak yang setelah dikaji dapat berfungsi sebagai anti tumor melawan sel-sel Ehrlich ascities carcinoma (ECA), Dalton lymphomia ascities (DLA and Sarcoma 180 (5 180). Cytotoxicity 50% telah diteliti pada dosis pemakaian 1.5 mg, 3 mg and 1.5 mg, dengan hasil sedikit aktivitas melawan lymphocytes (Salomi et. al. 1992).

6. Ekstrak Etanol dari Habbatus Sauda’ dalam dosis 200 mg/kg dapat sedikit menghambat copper acetate yang diindusi pada ovulasi kelinci (Vohora et. al. 1973) . Air, Etanol (90%) dan ekstrak lainnya yang dikonsumsi oral tidak menunjukkan adanya penghambat pertumbuhan dan aktivitas resorptive pada tikus albino (Prakash dan mathur, 1976) namun terdapat aktivitas estrogenic pada tikus yang belum dewasa (Maurya et. al. 1983).

7. Ekstrak Alkohol pada Habbatus Sauda’ dapat menghambat pertumbuhan E. coli, S. Aureus sedangkan ekstrak air menjadi tidak aktif (Kurup, 1956) . Ekstrak petroleum yang ditemukan aktif untuk melawan M. pyogenes, B, subtilis, D. pneumoniae dan S. pyrogens (bhatnagar, et. al. 1961).

8. Ekstrak etanol (50%) dari N. sativa menunjukkan aktivitas antiprotozal melawan E.histolytica turunan STA (Dhar et. al. 1968) . Minyak volatie dari Habbatus Sauda’ memiliki efek anti spasmodic yang memungkinkan aktivitas calcium autagonistic (aquel 1993).

9. Ekstrak etanol (50%) Habbatus Sauda’ menunjukkan hasil pada anjing / kucing, aktivitas lemah, spasmolytic yang terisolasi pada babi ileum guinea dan ekstrak efek depresi CNS pada tikus. Ini juga menunjukkan suatu antagonis terhadap hiperaktif amphetamin pada aktivitas anti kanker melawan Lewis lung carcinoma (Dhar et. al. 1968) . Minyak volatile dari Habbatus Sauda’ memiliki efek anti spasmodic yang memungkinkan aktivitas calcium autagonistic (aquel 1993).

10. Ekstrak biji-bijian dari Habbatus Sauda’ menunjukkan kemampuannya dalam mencegah gangguan pada gigi (Namba et. al. 1985) sementara minyaknya dapat dipakai untuk obat anti serangga(Deshpande et. el. 1974), brorichodilator (mahfouz et. al. 1962; El Dakhakhny, 1965; Mahafouz et. al. 1996) , immunopotentiating (El kadi and Kandil, 1987) dan aktivitas hypotensive.

Sumber : http://forum.detik.com/